Mencegah Komplikasi Diabetes Terkena Stroke

Mencegah Komplikasi Diabetes Terkena Stroke

Mencegah Komplikasi Diabetes Terkena Stroke

Hubungan diabetes dan stroke sangat erat. Sebab kadar gula darah yang tinggi mengakibakan kinerja pembuluh darah dengan beban berlebih. Beban kerja pada pembuluh darah inilah yang kemudian berakibat pembuluh darah pada otak mengalami penyumbatan bahkan bisa pecah. Pembuluh darah yang tersumbat maupun pecah inilah yang mengakibatkan fungsi organ tubuh terganggu, pada kondisi seperti ini biasanya sudah divonis terkena stroke. Jika penderita diabetes mengalami stroke  maka diperlukan langkah-langkah yang benar untuk menjalani pengobatan agar kedua jenis penyakit yang berbeda ini dapat ditangani secara efektif.

 

Mencegah komplikasi diabetes terkena stroke ini terdapat dua jenis tipe pengobatan yaitu pengobatan yang dilakukan secara medis dan pengobatan yang dilakukan secara tradisional. Anda bisa memilih salah satunya tergantung tingkat urgensi dan keyakinan anda dalam melakukan penyembuhan stroke karena diabetes baik mungkin yang anda alami sendiri apapun yang dialami oleh orang di sekitar Anda.

Satu hal yang perlu digarisbawahi tahap mencegah komplikasi diabetes terkena stroke tidak boleh mengorbankan penyakit diabetes. Atau sebaliknya anda fokus mengobati diabetes biasa saja namun mengorbankan stroke. Berikut ini beberapa langkah penting perlu diperhatikan untuk mencegah komplikasi diabetes terkena stroke:

  • Meluruskan pemahaman tentang diabetes dan faktor-faktor pemicunya.
  • Memberikan pemahaman pada penderita dan keluarga mengenai pentingnya kadar gula darah normal.
  • Membuat daftar rencana mengenai menu makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi.
  • Menjalankan pola hidup yang sehat perencanaannya.
  • Mempelajari data-data medis penderita.
  • Melakukan berbagai upaya kesehatan secara medis maupun alami.

 

Antisipasi Penderita Diabetes Agar Tidak Terkena Komplikasi Stroke

Langkah antisipasi ini menjadi sangat penting, sebab jika tidak diantisipasi atau diabetes tidak ditangani dengan baik bisa jadi bukan hanya itu saja yang bisa menyerang penderita diabetes tapi ada komplikasi penyakit lain seperti komplikasi diabetes dengan jantung diabetes dengan hipertensi.

 

  1. Menjalankan pola hidup sehat

Penyakit diabetes ini merupakan penyakit metabolik yang disebabkan gaya hidup yang tak sehat seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi semisal makan makanan junk food merokok atau mengonsumsi dan mengkonsumsi alkohol. Diabetes yang disebabkan karena pola hidup yang buruk ini masuk dalam jenis diabetes tipe 2. Sedangkan diabetes Tipe 1 ada jenis diabetes yang terjadi karena kerusakan pankreas atau bisa karena faktor keturunan, namun pola hidup yang buruk diabetes tipe 1 ini dapat berlanjut ke diabetes tipe 2.

Menjalankan pola hidup sehat merupakan hal penting untuk siapa saja, terlebih untuk mencegah komplikasi diabetes terkena stroke. Jika penderita diabetes tidak menerapkan pola hidup sehat setelah divonis terkena penyakit gula. Bisa dipastikan keaadanya akan semakin parah dari hari ke hari. Paling menakutkan terkena komplikasi penyakit yang bisa menjadi penyebab kematian akibat diabetes.

 

  1. Kontrol gula darah

Kontrol gula darah ini menjadi ritual penting bagi penderita penderita diabetes. Penderita diabetes perlu mengetahui perkembangan kadar gula darahnya dari waktu ke waktu senyum menjadi bahan evaluasi jenis pengobatan bagan tindakan yang dilakukan sudah benar atau sudah maksimal atau belum. Kontrol dengan gula darah ini dibutuhkan untuk melakukan tindakan yang terbaik jika terjadi keadaan yang lebih buruk.

 

  1. Berolahraga secara teratur

Kurang gerak dapat menyebabkan peningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi, data berat badan naik. Jika berat badan ini naik apakah diabetes akan lebih sulit untuk disembuhkan. Lakukan olahraga secara teratur jalan bersepeda maupun jogging.

Olahraga secara teratur dapat menurunkan tekanan darah menjaga kolesterol tetap stabil makan pembuluh darah. Mencegah komplikasi diabetes terkena stroke ini dapat membantu secara signifikan mengurangi risiko terkena stroke pada penderita diabetes.

 

  1. Kontrol kolesterol

Mencegah komplikasi diabetes terkena stroke dengan kontrol adalah 1 cara untuk meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan menekan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga dengan melakukan kontrol sekolah kontrol kolesterol berarti seorang penderita diabetes melakukan diet atau meninggalkan makanan yang mengandung lemak tinggi yang dapat memicu meningkatnya kolesterol dalam darah.

 

  1. Diet potassium

Potassium ini dapat didapatkan dari makanan seperti pisang jeruk buah-buahan kering, gejala rentang dan susu skim. Konsumsi bahan makanan tersebut untuk mendapatkan kurang lebih 3500 mg potassium per hari.

 

  1. Diet magnesium

Beras, merah, almond, gandum dan buah pisang merupakan makanan yang dapat mensuplai kebutuhan magnesium dalam tubuh.

 

  1. Diet kalsium

Kalsium ini terdapat dalam yogurt dan susu skim, untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Penderita diabetes dapat mengkonsumsi yoghurt maupun susu skip dengan mempertimbangkan kadar gula pada makanan tersebut.

 

  1. Diet polifenol

Polifenol ini terdapat dalam coklat hitam. Untuk menu untuk menurunkan tekanan darah tanpa meningkatkan berat badan, cokelat hitam ini menjadi pilihan yang tepat bagi penderita diabetes agar dapat mencegah komplikasi diabetes terkena stroke. Pastikan Anda mengkonsumsi cokelat yang rendah gula.

 

 

 

Mencegah Komplikasi Diabetes Terkena Stroke

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*