Khasiat Biji Rambutan untuk Diabetes

Khasiat Biji Rambutan untuk Diabetes

Khasiat Biji Rambutan untuk Diabetes

Buah rambutan (nephelium lappaceum) merupakan tanaman tropis yang tergolong dalam suku Sapincia Ceap atau lerak-lerakan. Tanaman ini berasal dari kepulauan Asia Tenggara yang banyak ditanam sebagai pohon buah atau bisa kita temukan sebagai tumbuhan liar di luar jawa.

 

Rambutan memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, fosfor, besi, vitamin C dan kalsium. Kulit buahnya mengandung tannin dan saponin. Bijinya mengandung polifenol dan lemak, kulit batangnya mengandung tannin, flavonida, saponin, zat besi dan pectic substance. Sedangkan daun rambutan mengandung saponin dan tannin. Di dalam buah rambutan tersimpan khasiat sebagai obat yang tidak ternilai harganya. Menurut kajian pakar tanaman obat setiap 100 gram mengandung 69 kalori, 58 mg vitamin, dan 18,1 gram karbohidrat. Buah rambutan juga memiliki kadar serat yang cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100gram berat buah. Dengan banyaknya kandungan di dalam rambutan, akan cocok bagi kesehatan dan bagi orang-orang yang tengah berdiet.

Didalam buah rambutan terdapat biji yang terbungkus oleh daging buah. Pada umumnya biji buah rambutan tidak dimanfaatkan dan dibuang begitu saja. Padahal biji rambutan juga memiliki khasiat dan manfaat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu khasiat biji rambutan untuk diabetes. Sebuah studi menyebutkan biji buah rambutan memang memiliki rasa yang agak pahit ketika dimakan tetapi tidak mengandung racun. Dalam jumlah yang wajar biji buah rambutan masih aman dikonsumsi. Biji buah rambutan mengandung karbohidrat, lemak, dan protein yang mampu memenuhi kebutuhan gizi setiap orang. Selain itu biji rambutan juga memiliki 3-40% lemak murni, serat, pati, dan stearic acid. Komposisi kimia ini mampu mengurangi kadar gula dalam darah.

 

Khasiat Biji Rambutan untuk Diabetes

Khasiat biji rambutan untuk diabetes sudah sejak jaman dahulu diketahui oleh masyarakat. Misalnya masyarakat Gayo Lues di Provinsi Aceh, mereka sudah lama mengkonsumsi biji buah rambutan untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Secara turun-temurun masyarakat Gayo Lues meminum ramuan biji rambutan kering untuk mengobati diabetes. Biji buah rambutan yang sering kita abaikan ini ternyata memiliki khasiat biji rambutan untuk diabetes yang sangat luar biasa dan jarang orang lain mengetahui hal ini.

 

Kandungan Senyawa Biji Buah Rambutan

Didalam biji buah rambutan terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, lemak murni, serat, pati dan stearic acid. Selain itu menurut seorang ahli gizi ternama, Pram Pramono ekstrak methanol yang terdapat pada biji buah rambutan mengandung senyawa flavanoid dan fenolik. Ekstrak methanol tersebut mengandung senyawa yang terdiri dari 5 fenolik (flavonoid) dan 1 fenolik (bukan flavonoid). Ekstrak methanol tersebut mempunyai aktivitas hipoglikemik dan berpotensi membantu mengobati pasien yang mengidap diabetes. Khasiat biji rambutan untuk diabetes juga diketahui mampu mengatasi sakit pinggang.

 

Cara Membuat Obat Herbal dari Biji Rambutan

  • Siapkan 5 biji rambutan dari buah yang matang.
  • Pisahkan biji dari daging buahnya, setelah itu silahkan dibersihkan.
  • Selanjutnya potong menjadi beberapa potongan kecil-kecil dan sangrai dengan api sedang
  • Setelah berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan, matikan api kemudian tiriskan di dalam wadah, biarkan sampai dingin.
  • Selanjutnya blender atau tumbuk biji rambutan yang telah disangrai tersebut sampai mendapatkan tekstur yang lembut dan halus.
  • Setelah itu, sedu bubuk biji rambutan dengan air panas, biarkan seduhan tersebut dingin dan air terpisah dari ampasnya.
  • Minum seduhan tersebut 1-3 kali sehari, 30 menit sebelum makan. Dan apabila mengidap diabetes parah konsumsi lah setiap hari secara rutin.

 

Ternyata khasiat biji rambutan untuk diabetes ini jarang ada yang mengetahui karena kita terbiasa untuk langsung membuangnya tanpa tahu apa kandungan yang terdapat dalam biji rambutan tersebut. Semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan Anda dan bermanfaat untuk Anda. Jika Anda merasakan gejala yang Anda curigai sebagai penyakit diabetes, jangan sungkan untuk konsultasikan langsung dengan dokter terpercaya atau terdekat Anda. Terima kasih..

 

 

 

Khasiat Biji Rambutan untuk Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*