Jenis Pisang untuk Penderita Diabetes

Jenis Pisang untuk Penderita Diabetes

Jenis Pisang untuk Penderita Diabetes

Jenis Pisang untuk Penderita Diabetes – Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang menyebabkan kondisi kadar gula dalam darah penderita menjadi tinggi. Penyebab kondisi seperti itu yakni tidak adanya hormon insulin di dalam pankreas sehingga proses pengubahan glukosa dalam darah menjadi terganggu. Diabetes terbagi menjadi beberapa jenis namun jenis diabetes yang umum diketahui yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 termasuk jenis diabetes yang parah karena pankreas tidak dapat menciptakan hormon insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 termasuk diabetes yang belum parah karena pankreas masih bisa memproduksi insulin namun sel-sel tubuh tidak bisa insulin tidak bisa berfungsi secara normal.

Bagi penderita diabetes memperhatikan asupan makanan adalah hal yang paling wajib dilakukan. Karena kemungkinan besar pengaruh makanan dengan kandungan gula sangat tinggi bisa mempengaruhi kenaikan kadar gula darah normal di dalam tubuh. Tidak terkecuali jika makanan itu ternyata adalah buah-buahan, salah satunya adalah pisang. Ya, mungkin sebagian besar penderita diabetes kerap kali mendengar bahwa pisang merupakan buah yang memiliki kandungan gula tinggi yang dikaitkan dengan kandungan karbohidrat di dalamnya. Namun, apakah benar demikian? Bolehkah penderita diabetes makan pisang? Jika boleh apa sajakah jenis pisang untuk penderita diabetes yang boleh dikonsumsi? Berikut pembahasannya.

 

Pisang Untuk Penderita Diabetes

Pisang mempunyai kandungan karbohidrat yang nantinya akan diubah menjadi glukosa jika sudah masuk ke dalam pencernaan. Dengan adanya bantuan insulin yang diproduksi oleh pankreas, glukosa yang masuk akan diubah menjadi energi. Namun, sayangnya ini hanya akan bekerja untuk orang normal saja. Bagi penderita diabetes, hormon insulin yang diproduksi sangatlah sedikit sehingga bisa saja asupan tersebut malah akan membuat gula darah dalam tubuh semakin meningkat.

 

Jenis Pisang untuk Penderita Diabetes

Sebenarnya pisang tidak benar-benar dilarang dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Ada beberapa jenis pisang untuk penderita diabetes yang boleh dikonsumsi yang dinilai baik untuk kesehatan tubuh penderita. Jenis pisang untuk penderita diabetes yang baik yaitu pisang yang mempunyai kulit berwarna hijau.

Kulit pisang yang mempunyai warna hijau dinilai memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah sehingga tidak akan terlalu memicu peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh selama asupannya masih sangat dibatasi.

Selain itu, akan lebih baik jika Anda juga memilih pisang yang berukuran sedang dan tidak terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Minimal hanya 1 pisang 1 hari saja, maksimal 2 pisang 1 hari sudah sangat cukup.

 

Diet Menggunakan Pisang

Karena kandungan karbohidrat cukup tinggi dan tidak memiliki kandungan lemak maka konsumsi pisang akan sangat baik sebagai salah satu menu diet untuk penderita diabetes. Mengkonsumsi pisang akan memberikan efek kenyang yang cukup lama seperti halnya saat mengkonsumsi bihun jagung untuk penderita diabetes. Dengan begitu, Anda bisa menghindari perasaan lapar yang berlebihan.

Hindari mengkonsumsi pisang dengan cara diblender atau dijus, karena hal tersebut malah akan membuat Anda untuk menambahkan gula atau susu agar rasanya lebih enak. Penambahan bahan pemanis tersebutlah yang akan semakin memicu peningkatan kadar gula yang ada didalam tubuh.

 

Indeks Glikemik Pada Buah Pisang

Bagi para penderita diabetes memperhatikan indeks glikemik pada setiap makanan juga sangat penting. Jika ternyata nilainya rendah tentu akan sangat menguntungkan karena Anda bisa terhindar dari kenaikan gula darah di dalam tubuh karena faktor makanan.

Buah pisang merupakan salah satu buah yang memiliki indeks glikemik tingkat menengah, jadi bisa dikonsumsi namun harus dijaga dan jangan terlalu berlebihan. Beberapa makanan yang bisa Anda pilih dan memiliki indeks glikemik rendah, misalnya saja seperti jus kacang panjang untuk penderita diabetes.

 

Itulah informasi penting mengenai jenis pisang untuk penderita diabetes yang boleh dikonsumsi dan tidak akan memicu kenaikan gula darah. Sudah sangat jelas bahwa jenis pisang untuk penderita diabetes yang baik yaitu pisang yang kulitnya berwarna hijau dan tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Jika ternyata Anda terlalu banyak mengkonsumsi pisang dan setelahnya gula darah Anda meningkat, akan lebih baik Anda berkonsultasi pada dokter atau mengkonsumsi obat yang memang sudah diresepkan harus dikonsumsi saat terjadinya kenaikan gula darah secara tiba-tiba atau seacara mendadak.

 

 

Jenis Pisang untuk Penderita Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*