Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja

Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja

Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja

Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja – Penyakit Diabetes Mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Penyakit diabetes mellitus yang dikenal sebagai penyakit gula atau kencing manis terjadi pada seseorang yang mengalami peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah akibat kekurangan insulin atau reseptor insulin tidak berfungsi baik.

Diabetes yang timbul akibat kekurangan insulin disebut DM tipe 1 atau Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM). Sedang diabetes karena insulin tidak berfungsi dengan baik disebut DM tipe 2 atau Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM). Insulin adalah hormon yang diproduksi sel beta di pankreas, sebuah kelenjar yang terletak di belakang lambung, yang berfungsi mengatur metabolisme glukosa menjadi energi serta mengubah kelebihan glukosa menjadi glikogen yang disimpan di dalam hati dan otot.

Tidak keluarnya insulin dari kelenjar pankreas penderita DM tipe 1 bisa disebabkan oleh reaksi autoimun berupa serangan antibodi terhadap sel beta pankreas. Pada penderita DM tipe 2, insulin yang ada tidak bekerja dengan baik karena reseptor insulin pada sel berkurang atau berubah struktur sehingga hanya sedikit glukosa yang berhasil masuk sel.

Akibatnya, sel mengalami kekurangan glukosa, di sisi lain glukosa menumpuk dalam darah. Kondisi ini dalam jangka panjang akan merusak pembuluh darah dan menimbulkan berbagai komplikasi. Bagi penderita Diabetes Melitus yang sudah bertahun-tahun minum obat modern seringkali mengalami efek yang negatif untuk organ tubuh lain.

Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit yang membunuh manusia secara perlahan. Diabetes tidak hanya menyerang usia lanjut tapi juga usia remaja. Berikut fakta tentang diabetes yang harus anda ketahui yang menyerang usia remaja :

  1. Obesitas

Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja yang pertama yaitu diabetes tidak menyebabkan obesitas. Tapi jika Anda memiliki gejala diabetes dan Anda memiliki tubuh yang gemuk serta mengalami stress. Menjadi seorang pasien diabetes Anda mungkin merasa lemah, lesu dan lelah jika Anda tidak berolahraga secara teratur.

  1. Gagal Ginjal

Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja kedua yaitu pada usia remaja juga lebih rentan terhadap gagal ginjal. Jika Anda penderita diabetes maka dapat menghambat aktifitas penyaringan ginjal dan menyebabkan kerusakan ginjal, maka Anda harus sangat berhati-hati dan mewaspadainya. – Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja

  1. Heart Failure

Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja yang berikutnya yaitu deposisi gula darah sangat tinggi pada arteri yang menyebabkan penyumbatan jantung anda dan membuat dinding menebal. Oleh karena itu menyebabkan tubuh menjadi kesulitan untuk memompa darah ke jantung Anda dan sehingga menyebabkan gagal jantung. Sudah pasti salah satu risiko penting dari diabetes pada usia remaja.

  1. Visi Masalah

Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja selanjutnya yaitu visi/penglihatan bermasalah. Saat berbicara tentang bahaya diabetes pada remaja, Anda tidak dapat menghindari masalah ini. Karena penyakit diabetes bisa mempengaruhi pembuluh darah pada retina mata Anda yang memicu katarak dan glaukoma.

  1. Depresi

Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja lainnya pada saat usia remaja dan menderita diabetes tak heran para remaja menjadi depresi. Ketika seorang remaja mengalami diabetes maka tatkala ia melihat orang lain menjalani hidup normal serta bahagia sedangkan mereka harus menghabiskan hari-hari mereka dengan bergantung pada obat-obatan dan suntikan, itu sangat membuat mereka menjadi depresi. Oleh Karena itu orang tua harus berhati-hati dan memberikan perhatian lebih serta berkonsultasi konselor pada secara rutin.  – Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja

  1. Tidak Suka Simpati Berlebihan

Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja terakhir yaitu tidak suka simpati berlebihan itu cukup normal. Jika orang tua menunjukkan sikap simpati yang berlebihan kepadanya, mereka akan merasa kesal dan akhirnya itu akan berubah menjadi frustrasi. Karena mereka beranggapan mereka hanya menjadi beban bagi orang lain. Jelas itu adalah salah satu bahaya diabetes pada usia remaja dan sudah menjadi tugas orang tua untuk menjaga anak-anak mereka agar bisa bahagia. – Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja

 

Ingat, diabetes melitus ini hanya penyakit dan dapat dikontrol jika anda mengikuti gaya dan pola hidup sehat yang tepat. Semoga bermanfaat…

 

 

Fakta Tentang Diabetes Pada Usia Remaja

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*