Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia

Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia

 

Cara Mengurangi Resiko Diabetes HiperglikemiaGula darah yang tinggi, juga dikenal sebagai hiperglikemia, terjadi ketika tingkat tinggi glukosa (gula) dalam darah Anda tidak dapat disampaikan dengan baik ke organ Anda. Hal ini terjadi karena tubuh Anda kekurangan tingkat insulin atau tidak menggunakan insulin dengan benar. Ada beberapa Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia dengan mengonsumsi makanan yang kaya manfaat dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah terlebih jika Anda yang juga menderita diabetes hiperglikemia ini, diantaranya :

 

  1. Mengonsumsi Bawang Putih

Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia yang pertama yaitu dengan mengonsumsi bawang putih. Ada fakta lain yang cukup mengejutkan, yaitu manfaatnya sebagai penurun gula darah tinggi terlepas efek samping bawang putih yang mungkin cukup mengkhawatirkan. Ekstrak bawang putih telah diteliti dan bahkan dibuktikan mampu menurunkan gula darah karena jumlah insulin yang tersedia juga mampu meningkat oleh karena ekstrak bawang putih ini. Bahkan telah ditunjukkan pula oleh penelitian serupa bahwa bawang putih juga bisa berefek positif dalam menjaga kestabilan gula darah Anda. Meski menjadi penyebab dari terjadinya bau mulut, tetap saja tanpa bawang putih masakan pun menjadi lebih hambar dan yang lebih penting manfaatnya yang besar untuk kolesterol tinggi dan diabetes.

  1. Memanfaatkan Lidah Buaya

Mungkin banyak orang mengetahui akan khasiat lidah buaya untuk kulit, namun sebenarnya lidah buaya punya segudang manfaat lainnya, termasuk menjadi salah satu Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia. Untuk kadar glukosa yang tinggi, gel aloe vera adalah solusi yang baik karena mengandung pitosterol di mana bersifat anti-hiperglikemia yang pas untuk penderita diabetes tipe 2.

  1. Mengonsumsi Jamun / Indian Blackberry

Cara Mengurangi Resiko Diabetes HiperglikemiaCara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia berikutnya yaitu dengan mengonsumsi jamun atau indian blackberry. Mungkin Anda sudah pernah dengar tentang Indian blackberry atau yang disebut juga dengan jamun. Di dalam biji blackberry India ini ada kandungan glikosida yang berperan sebagai pencegah konversi pati menjadi gula sehingga bisa membantu menurunkan tingkat gula darah tinggi serta menanggulangi lonjakan insulin.

  1. Mengonsumsi Biji Rami

Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia yang berikutnya mengonsumsi biji rami. Serat di dalam biji rami termasuk tinggi sehingga pencernaan manusia yang memakan biji rami jelas akan menjadi lebih lancar. Bagusnya lagi, biji rami ini adalah bahan makanan yang mampu menolong proses penyerapan gula dan lemak secara sempurna. Tingkat gula postprandial diabetes pun mampu menjadi lebih berkurang sebanyak 28%.

  1. Menggunakan Daun Kemangi

Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia yang jarang diketahui yaitu dengan mengonsumsi daun kemangi. Daun yang biasa dinikmati sebagai lalapan ini mengandung kaya akan antioksidan serta minyak esensial yang mampu memproduksi eugenol, caryophyllene, dan metil eugenol. Fungsi dari sel-sel beta pankreas akan dibantu bekerja secara lebih baik dengan senyawa tersebut sehingga akan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin juga.

  1. Makan Alpukat

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal di dalam buah ini adalah salah satu yang terbaik untuk membuat gula darah kadarnya tetap normal, stabil dan sehat. Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia lainnya yaitu dengan mengonsumsi alpukat. Telah ditunjukkan oleh sebuah studi bahwa diet tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dan diet karbohidrat tinggi mampu membuat glukosa darah terjaga kadarnya.

  1. Menggunakan Ketan Hitam

Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia lainnya juga bisa dengan mengonsumsi beras ketan hitam. Beras ketan hitam adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menurunkan gula darah. Karena di dalamnya terkandung antioksidan tinggi serta bersifat anti-inflamasi, maka tak hanya diabetes saja yang mampu dicegah, tapi juga kerusakan sel hati, anemia, alzheimer, tumor, kanker, serta penuaan dini.

  1. Memanfaatkan Pare

Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi pare. Pare yang kaya akan vitamin B kompleks, flavonoid, vitamin C, serta asam folat ini sangat baik untuk diandalkan sebagai penurun kadar gula darah. Kandungan charntin-nya pun cukup tinggi dan memiliki kemampuan dalam mengobati diabetes. Lonjakan penurunan insulin dapat dicegah secara alami sehingga Anda tak akan menyesal setelah mencobanya.

  1. Buah Merah

Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia yang terakhir yaitu Cara Mengurangi Resiko Diabetes HiperglikemiaAnda bisa memanfaatkan buah merah. Buah yang dikenal sebagai buah khas dari Papua ini juga memiliki nama lain, yakni kuansu. Manfaat utama yang diketahui dari buah ini adalah sebagau sumber minyak karotenoid atau minyak nabati. Masyarakat yang tinggal di area pesisir dan pegununganlah yang biasanya memanfaatkan buah merah dan ternyata buah ini juga dapat diandalkan dalam memperbaiki fungsi pankreas agar produksi insulin berjalan baik.

 

 

Cara Mengurangi Resiko Diabetes Hiperglikemia

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*