Cara Mencegah Diabetes pada Anak

Cara Mencegah Diabetes pada Anak

Cara Mencegah Diabetes pada Anak

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin dengan baik. Penyakit ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun dan menyebabkan tingkat kadar gula darah meningkat tinggi. Umumnya, penderita diabetes adalah orang dewasa atau orang-orang berusia lanjut. Meski begitu, sebenarnya penyakit diabetes seperti ini pun dapat juga menyerang anak-anak.

Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun bisa terserang penyakit diabetes. Gejalanya sedikit berbeda dengan orang dewasa, sehingga tidak mudah untuk mengidentifikasi apakah anak memang mengidap penyakit diabetes atau tidak. Bila terus dibiarkan, kondisi ini dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh anak.

Untuk menjaga anak dari serangan penyakit diabetes, perlu diketahui lebih dulu hal-hal yang berhubungan dengan diabetes anak. Sama seperti diabetes pada orang dewasa, diabetes pada anak dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

 

  1. Diabetes Melitus Tipe Satu

Diabetes melitus tipe pertama ini terjadi ketika tubuh anak kekurangan hormon insulin. Kurangnya hormon insulin ini disebabkan oleh kelenjar pankreas yang mengalami kesulitan dalam memproduksi hormon insulin.

 

  1. Diabetes Melitus Tipe Dua

Pada kasus diabetes melitus tipe dua, kelenjar pankreas anak masih berfungsi dengan baik, hanya saja tubuh anak yang tidak bisa merespon hormon insulin yang diproduksi. Akibatnya, kadar gula dalam tubuh pun tidak bisa dikendalikan.

 

Setelah mengetahui gejala dan penyebab diabetes pada anak, orang tua perlu mengenal lebih lanjut bagaimana cara mencegah diabetes pada anak. Ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk cara mencegah diabetes pada anak, baik dengan cara medis maupun dengan cara tradisional.

 

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun perlu memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dan jenis makanan lain yang mengandung karbohidrat, protein, dan sumber gizi lainnya merupakan cara mencegah diabetes pada anak yang sangat baik untuk kesehatan. Karena itu, biasakanlah anak untuk mulai memakan makanan yang bergizi dan sehat bagi kesehatan tubuh mereka.

 

  1. Olahraga

Mengonsumsi makanan sehat saja tidak cukup untuk menjaga kondisi tubuh sehat. Cara mencegah diabetes pada anak untuk mengimbangi hal tersebut, dibutuhkan olahraga yang sesuai bagi anak agar anak bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit kronis, termasuk diabetes. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga berat. Orang tua bisa mengajarkan pada anak kegiatan olahraga yang menyenangkan sambil bermain, misalnya bermain kejar-kejaran, bermain bola, dan lain-lain. Dengan begitu, tubuh anak akan tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

 

  1. Ramuan Tradisional

Apabila orang tua merasa kesulitan untuk terus melakukan cara mencegah diabetes pada anak dengan rutin membawa anak periksa ke dokter, mengonsumsi ramuan tradisional juga bisa menjadi salah satu cara menghindari serangan penyakit diabetes. Ada beberapa bahan-bahan tradisional yang bisa diramu menjadi cara mencegah diabetes pada anak, seperti brotowali, mahkota dewa, kunyit, dan mengkudu. Bahan-bahan tersebut diramu menjadi makanan atau minuman yang layak untuk dikonsumsi.

 

  1. Pengobatan Medis

Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter bisa menjadi salah satu cara mencegah diabetes pada anak. Rajin melakukan check up bisa membantu orang tua untuk mengenal lebih jauh kondisi kesehatan tubuh anak, dan tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh sang anak. Pemeriksaan dokter yang dilakukan secara rutin bisa membantu orang tua untuk mengetahui lebih cepat saat anak mulai terserang penyakit diabetes.

 

  1. Edukasi

Orang tua juga perlu mengedukasi anak agar anak tahu bahaya dari penyakit diabetes dan cara mencegah diabetes pada anak. Tanamkanlah pada pikiran anak bahwa mengonsumsi makanan tidak sehat seperti terlalu banyak makanan manis dan makanan cepat saji bisa membawa dampak berbahaya bagi kesehatan. Dengan mendidikan anak tentang kesehatan, anak pun dapat terhindar dari penyakit diabetes pada anak.

 

Bagi Anda yang masih single, maka sebaiknya jaga kesehatan Anda semenjak dini agar tidak menderita diabetes yang bisa berdampak pada anak Anda nantinya. Begitu juga dengan para orang tua, perhatikan pola makan anak Anda agar terhindar dari penyakit diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

Cara Mencegah Diabetes pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*