Bahaya Diabetes Melitus

Bahaya Diabetes Melitus

Bahaya Diabetes Melitus

Diabetes melitus selalu identik dengan komplikasi yang biasanya muncul setelah menderita penyakit tersebut untuk jangka waktu yang lama. Namun selain berhubungan dengan komplikasi akibat diabetes, bahaya yang dimaksud juga berhubungan dengan penyakit itu sendiri. Hal ini tanpa mengenal batas usia. Dengan kata lain, semua orang tanpa terkecuali, berisiko untuk terkena penyakit gula daragh tersebut. Apalagi jika ditambah dengan adanya riwayat penderita kenceing manis dalam keluarga. Hal ini akan semakin meningkatkan resiko diabetes seseorang

Diabetes adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena tingginya tingkat kadar gula dalam darah. Gula dalam tubuh diperoleh dari berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi secara rutin. Sebenarnya tubuh bisa menjalankan sistem yang akan membuat tubuh bisa mengatur kadar gula dalam darah. Sistem ini tidak lepas dari insulin sebagai sebuah hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pankreas.

 

Namun beberapa orang memiliki ketidakmampuan menghasilkan insulin sehingga tingkat kadar gula dalam darah terus meningkat. Salah satu langkah yang paling penting dilakukan oleh penderita diabetes adalah menjaga agar kadar gula dalam darah normal.

Diabetes bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang dalam hidup sehingga banyak penderita diabetes yang merasa frustasi. Berikut ini adalah beberapa macam bahaya diabetes melitus dari berbagai penyakit komplikasi yang paling sering terjadi pada penderita diabetes :

 

  1. Penyakit Jantung

Jika kadar gula dalam darah tidak terkontrol dengan baik maka ancaman penyakit jantung akan selalu mengincar penderita diabetes. Bahaya diabetes melitus ini akan menjadi penyebab dada sakit yang biasanya memang dirasakan oleh penderita diabetes. Beberapa jenis penyakit jantung yang sering terjadi adalah penyempitan pembuluh darah, stroke, serangan jantung, penyakit arteri dan kondisi lain. Stroke dan serangan jantung menjadi kasus yang paling sering terjadi.

 

  1. Kerusakan Sistem Syaraf

Bahaya diabetes melitus lainnya maka dapat menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah yang berfungsi untuk menyehatkan syaraf tubuh terutama untuk bagian kaki. Jika kondisi kerusakan sudah terjadi maka biasanya penderita akan sering merasa kesemutan, mati rasa, rasa terbakar, dan sakit pada bagian ujung jari kaki. Gangguan kerusakan syaraf akan ditandai dengan diare, muntah, mual, sembelit dan gangguan disfungsi ereksi pada pria.

 

  1. Kerusakan Mata

Kebutaan menjadi salah satu bahaya diabetes melitus yang sering terjadi. Hal ini disebabkan kadar gula darah yang terlalu tinggi telah mengganggu sistem saraf pusat. Bahkan kadar gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan kerusakan pada kornea dan lensa mata. Penyakit yang paling sering terjadi adalah glaukoma dan katarak.

 

  1. Kerusakan Ginjal

Ginjal dalam manusia memiliki fungsi yang sangat penting. Ginjal mengandung jutaan pembuluh darah yang akan menyaring darah dalam tubuh manusia. Bahaya diabetes melitus yang bisa menimpa yaitu menyebabkan kerusakan jaringan yang berfungsi sebagai saringan kecil. Jika kondisi diabetes sudah parah maka bisa menjadi penyebab gagal ginjal yang membutuhkan transplantasi atau cuci darah secara berkala.

 

  1. Cacat Kaki

Kerusakan syaraf akibat diabetes yang terjadi pada kaki akan menyebabkan komplikasi kerusakan pada bagian kaki. Bahkan pada kondisi tertentu banyak penderita diabetes yang harus melakukan amputasi untuk menyematkan jaringan lainnya. Jadi kerusakan kaki menjadi akibat yang sangat umum dari bahaya diabetes melitus.

 

  1. Infeksi Kulit

Infeksi kulit menjadi kasus yang paling sering terjadi pada penderita diabetes. Bahaya diabetes melitus ini disebabkan oleh jamur, parasit atau virus yang hidup pada luka di kaki. Penderita diabetes akan mudah terkena luka dan luka tersebut sulit untuk disembuhkan dengan cepat, sehingga terkadang infeksi menjadi ancaman yang sangat serius.

 

  1. Gangguan Pendengaran

Penderita diabetes memang sering mengalami gangguan pendengaran. Tingkat kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi telah menyebabkan kerusakan sistem pendengaran. Hal ini membuktikan bahwa bahaya diabetes melitus memang sangat mempengaruhi sistem kerja anggota tubuh terutama indra penting untuk tubuh.

 

  1. Pikun

Penyebab diabetes terutama diabetes tipe 2 juga memiliki bahaya diabetes melitus serius terkena penyakit yang menganggu sistem memori. Hingga saat ini hubungan antara kadar gula dalam darah dan sistem memori masih dikembangkan.

 

Itulah beberapa bahaya diabetes melitus yang mungkin bisa menyerang Anda jika penyakit yang Anda anggap ini tidak terlalu berbahaya. Periksakan diri ke dokter terdekat Anda jika Anda menemukan hal-hal yang Anda curigai sebagai gejala diabetes melitus ini. Semoga bermanfaat…

 

 

Bahaya Diabetes Melitus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*